Cara Memperbaiki HP yang Gagal Root

Halo guys, pada kali ini saya akan berbagi pengalaman saya tentang cara mengatasi hp yang gagal root. Root android adalah kegiatan mengedit ROM android sehingga kita mendapatkan akses penuh dalam android tersebut. Dalam root android terdapat kelebihan dan kekurangannya, kelebihannya adalah kita dapat akses penuh dalam android, sedangkan kekurangannya garansi hp hilang, mudah terserang malware dan virus, dan yang paling parah kalo gagal root bisa terjadi bootloop, data hilang, dll. Nah pada pengalaman saya kali ini saya gagal root dan hp saya terkena hard bootloop seperti gambar di atas.. kendalanya adalah tidak bisa upgrade system dari androidnya langsung, tiap kali start hp pasti muncul tuh recovery mode(pas ngecharge juga) jadi harus di reboot dah kalo mau di idupin hpnya. Sebenarnya root android tidak menimbulkan begitu banyak masalah asalkan penggunaannya tidak berlebihan, ikuti sesuai petunjuk yang diberikan, dan selalu memasang antivirus. Ok kita langsung aja ke tutorialnya.
Metode 1 (factory reset) (buat yang gagal root terus gk bisa unroot dan tidak terkena hard bootloop) :
1. Cari pilihan Backup&Reset di settings, lalu tekan Factory data reset atau kalo bahasa indonesia reset pabrik apalah, lalu tekan Reset Device (sebelum reset pastikan anda udah backup data2 anda yang penting dan jangan lupa gmail dan password)
2. Kalo nggak ketemu pilihan Backup&Reset kita pake cara reset lewat recovery mode aja. Caranya matikan dulu androidnya lalu pencet tombol volume atas+power sampe idup hpnya lalu tekan volume bawah. Kalo udh tinggal pilih reset factory dan tunggu sampe prosesnya selesai. Kalo nggak bisa ketemu juga recovery modenya anda bisa cari cara menggunakan android recovery mode <sesuai merk hp anda> di google(jangan lupa juga backup data data penting anda)
Metode 2 (Flash) (buat yang gagal root terus di unroot tapi tetep aja boot loop nya gk ilang)
1. Siapkan alat tempur hehe syaratnya anda harus memiliki 1 komputer/laptop atau 1 sd card.
2. Download ROM official ya jangan yang udh tercustom.. bisa dicari di google kok banyak atau di web merk hpnya langsung.
3. Bagi yang komputer siapkan alat flashernya.. kalo samsung sih pake odin lebih praktis kalo merk lain gatau gue.. nah bagi yang memilih sd card gk ush perlu flasher.
4. Bagi yang komputer di unzip dulu ROMnya beserta odin atau kalau anda download dari hp di pindahin dulu ROMnya+odin ke komputer lalu di unzip. Bagi yang sd card gk perlu unzip langsung di pindahin aja zip ROMnya ke sd card lalu pergi ke recovery mode(baca di metode 1 klo gk tau caranya+jangan dicabut dulu sd cardnya lalu teken volume down 2 kali sampe tulisan apply new update from external storage di highlight lalu tekan tombol power terus cari zip ROM yang tadi didonlot terus teken install dah dan tunggu sampe selesai. Dah cara sd card dah selesai sampe disini dlu yak.
5. Bagi yang komputer buka flasher/odinnya lalu colokin hp via usb ke komputer.
6. Matikan hp terus tekan volume bawah+power+home sampe muncul download mode(download mode berbeda dengan recover mode)
7. Kalo udh teken AP/PDA di flasher/odin lalu cari file ROM yg udh diunzip lalu tunggu sampai udh selesai loadin ROMnya.
8. Klik start dan tunggu sampai proses selesai.. kalo udh selesai dan sukses ntar ada tulisan 1 succeed 0 failed.
Kalo takut flash malah tambah rusak hpnya bisa minta jasa flash di agen agen merk hp agan pasti ada kok yang jelas harus ada fee lah :)
Demikian tutorial dari saya semoga bermanfaat bagi yang membutuhkan dan berhasil. Bila ada masalah bisa hubungi saya atau comment nanti saya bantu kok.





Related Posts:

8 Responses to "Cara Memperbaiki HP yang Gagal Root"

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Gan linknya untuk galaxy Mega GT 19200 ny donk ,, udh puding bner ni gan mna hp pun temen lagiπŸ˜–πŸ˜–πŸ˜–πŸ˜–

    ReplyDelete
  3. Saya waktu itu udh berhasil root tp pas mau msk apk rasrh bacaannya blm di root gmna solusinya????

    ReplyDelete
  4. Gagal root sinyal hp hilang permanen udah coba ke bentuk pabrik masi hilang juga
    Tolong di bantu yg bisa atau pernah seperti hp saya ss j3

    ReplyDelete
  5. Bang, kemaren saya gagal rooting terus saya coba ngerecord pake aplikasi screen recorder, nah saat uda siap ngerecord video nya eror, gk bisa di buka, apa penyebab nya karna gagal rooting ya?? Penjelasan dan solusi nya dong

    ReplyDelete